Bikin Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2022, Gol Kedua Jepang Jadi Kontroversi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,QATAR -- Timnas Jepang sukses mengalahkan Spanyol dan berhasil melaju ke babak 16 besar ajang Piala Dunia 2022.

Laga yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Ar-Rayyan, Qatar, Jumat 2 Desember 2022. Berakhir untuk kemenangan Jepang 2-1 atas Spanyol.

Gol-gol Jepang dibukukan oleh Ritsu Doan pada menit ke-48 dan Ao Tanaka (51'). Sementara itu, satu gol Spanyol tercipta berkat sundulan Alvaro Morata (11').

Akan tetapi, gol kedua Jepang yang diciptakan oleh Ao Tanaka menjad kontroversi.

Dalam prosesnya, gol kedua Jepang tercipta dari umpan silang Ritsu Doan ke dalam kotak penalti. Kaoru Mitoma lalu menyambarnya dan dituntaskan oleh Ao Tanaka.

Wasit sempat memeriksa VAR (Video Assistant Referee) karena ada indikasi bola sudah keluar atau melewati garis sebelum disambut Kaoru Mitoma.

VAR memutuskan gol Tanaka sah. FIFA menjelaskan bahwa gol tersebut sah karena bola belum sepenuhnya melewati garis putih.

"Gol kedua Jepang harus dicek oleh VAR, tetapi Mitoma melakukan umpan silang yang cukup untuk Tanaka sebelum seluruh bola melewati garis," tulis pernyataan FIFA

Berkat gol tersebut Jerman akhirnya harus mengubur mimpinya ke babak 16 besar di ajang Piala Dunia kali ini.

Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup usai memuncaki klasemen akhir Grup E dengan raihan enam poin.

Mereka mengungguli Spanyol (4 poin) yang berada di peringkat kedua dan melaju ke 16 besar sebagai runner-up.

Jerman yang memiliki poin yang sama dengan Spanyol yaitu empat, harus tersingkir dari kompetisi karena kalah dari selisih gol.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan