Chef Devina Tanyakan Pembatasan Kapasitas PLTS Atap Rumah Tinggal oleh PLN

  • Bagikan
Chef Devina

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Chef Devina Hermawan menilai semakin maju zamannya semuanya serba listrik, baik itu kompor listrik, motor listrik, dan mobil listrik.

Hanya saja, jebolah MasterChef musim kelima ini mengaku baru mengetahui kalau pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap dari rumah tangga dibatasi kepasitasnya oleh Perusahan Listrik Negara (PLN).

Dia berharap agar PLN, badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang pembangkitan, transmisi, dan distribusi tenaga listrik itu memberikan penjelasan terbaru mengapa pemasangan PLTS tersebut dibatasi?

"Kompor listrik, motor listrik, mobil listrik, semakin maju jamannya semua serba listrik. Tapi baru tau kalau pemasangan PLTS atap rumah tinggal sekarang dibatasi kapasitasnya oleh @pln_123. Ada penjelasan terbarunya kah kenapa?," cuit wanita kelahiran 11 November 1993 di linimasa Twitternya yang dikutip FAJAR.CO.ID, Jumat (2/12/2022).

Cuitan Chef Devina Hermawan yang juga alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) ini pun menuai berbagai respons warganet.

Ada warganet yang menilai, jika konsumen memasang PLTS di atap rumah tinggal dengan tujuan mengurangi biaya PLN, artinya pendapatan PLN bisa turun.

"Sekarang ini seperrinya oversuply. Jadi kalau konsumen pasang PLTS dgn tujuan mengurangi biaya PLN, artinya pendapatan PLN bisa turun. Jadi dibatasi. Yg bisa pasang PLTS pasti menengah ke atas yg seharusnya mensubsidi kalangan bawah," respons @SiawFung88.

Demikian juga warganet yang menyarankan menggunakan metode PLTS Off Grid , daya listrik produksi panel surya tidak ditampung di gardu PLN, tetapi menggunakan baterai untuk menampungnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan