Dinkes Catat 522 Orang Menderita HIV/AIDS di Tangerang Sejak Januari hingga November 2022

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang melaporkan, sejak Januari hingga November 2022 tercatat sebanyak 522 orang warga menderita penyakit menular aktif HIV/AIDS.

”Dari Januari sampai dengan November tercatat ada 522 kasus,” ucap Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Tangerang Sumihar Sihaloho seperti dilansir dari Antara di Tangerang.

Dia mengatakan, dari angka 522 kasus tersebut, terdiri atas 372 orang penderita HIV dan 150 orang lainnya penderita AIDS. Mereka tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang.

”Ada dari beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang dan ada juga temuan kasus dari luar wilayah Tangerang,” ujar Sumihar Sihaloho.

Menurut dia, pasien kasus HIV/AIDS yang tengah masuk data Dinas Kesehatan pada tahun ini terbilang mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan kasus pada tahun sebelumnya. Pada 2021 pihaknya mencatat ada sebanyak 414 kasus dengan kasus HIV sebanyak 264 orang dan kasus AIDS sebanyak 150 orang.

”Hanya saja tahun lalu sedang terjadi pandemi Covid-19, ada pembatasan kegiatan sehingga penelusuran kasus HIV/AIDS ini tidak berjalan optimal,” papar Sumihar Sihaloho.

Dia menerangkan, untuk pasien HIV/AIDS secara umum penderitanya terbanyak dialami kelompok laki-laki dengan usia produktif kisaran 25 sampai dengan 49 tahun total sebanyak 284 orang. Untuk kelompok perempuan dengan rata-rata usia produktif yang menderita penyakit menular itu tercatat sebanyak 79 orang.

Selain itu, laki-laki usia 15 sampai 19 tahun sebanyak 18 orang, perempuan usia 15 sampai 19 tahun sebanyak dua orang. Laki-laki usia <50 tahun sebanyak 30 orang, perempuan usia <50 tahun sebanyak 10 orang.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan