Jokowi Kaget Ditelepon Banyak Sekali Kepala Negara, Ada Apa Yah?

  • Bagikan
Presiden Jokowi bersama peserta Kompas100 CEO Forum Tahun 2022, di di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (02/12/2022) pagi. (Foto: Humas Setkab/Oji)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kaget saat banyak kepala negara menelponnya saat Indonesia menyetop ekspor batu baranya.

Hal itu diungkapkan Jokowi pada acara Kompas100 CEO Forum Tahun 2022, di Istana Negara, Jumat (2/12/2022).

Menurut dia, saat Indonesia menyetop ekspor batu baranya selama dua pekan , terlihat negara lain bergantung kepada Indonesia.

"Begitu batu bara kita stop dua minggu saja, yang telepon ke saya banyak sekali kepala negara, perdana menteri, presiden. Oh ini tergantung, tergantung, tergantung, tergantung, tergantung, kok banyak sekali? Saya kaget juga, urusan batu bara," bebernya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menegaskan Indonesia harus optimis dengan potensi besar yang dimilikinya, seperti sumber daya alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), dan memiliki pasar yang besar.

"Kita memiliki sumber daya alam (SDA), kita memiliki SDM yang nanti akan muncul bonus demografi 2030 diperkirakan berapa, 201 juta tenaga produktif kita. Kemudian juga, kita memiliki pasar yang besar, tidak hanya negara kita, negara kita sebagai fondasi tapi ASEAN 600 juta," bebernya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan