Kaleidoskop 2022: Catatan Program Aspirasi Hamka B Kady di Dapil Sulsel I

  • Bagikan
Anggota DPR RI, Hamka B Kady (ist)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Tempat tinggal merupakan kebutuhan dasar disamping pangan, sandang, dan pendidikan.

Hal ini yang kemudian menjadi fokus Hamka B Kady, Anggota Komisi V DPR RI di parlemen memperjuangkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, khususnya di Daerah Pemilihannya Sulawesi Selatan (Sulsel) I meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Kepulauan Selayar.

Di tahun 2022 ini, Hamka mengucurkan program aspirasi untuk masyarakat di Sulsel I.

Diantaranya Program BSPS (Bedah Rumah) sebanyak 1.550 unit rumah, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air lrigasi (P3-TGAI) sebanyak 175 lokasi irigasi, Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) 15 lokasi kecamatan, Program Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) sejumlah 26 lokasi Desa/Kelurahan.

Selanjutnya Program Sistem Pengelolaan Air limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) di 1 lokasi Desa, Program Sanitasi LPK/Ponpes menyasar 7 Pondok pesantren, Bantuan Modal Untuk Bumdes sebanyak 5 Bumdes, dan Program Desa Wisata di 1 lokasi.

Salah satu program aspirasi unggulannya adalah Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah.

Hamka menuturkan, program bedah rumah merupakan salah satu program pemerintah melalui Kementerian PUPR yang diturunkan atas aspirasi Anggota Komisi V DPR RI untuk membantu masyarakat kurang mampu yang mendiami rumah tidak layak huni (RTLH).

Ia berharap program ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang berhak menerima untuk memperbaiki kualitas rumah dari RTLH menjadi rumah yang layak untuk dihuni.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan