Menteri-menteri Terbaik dan Layak Jadi Capres 2024, Moeldoko Pendatang Baru

  • Bagikan
KSP Moeldoko

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Political Statistics (Polstat) merilis hasil survei terbaru tentang kinerja pemerintahan Jokowi, khususnya kinerja para menteri di mata publik jelang Pemilu 2024.

Hasilnya, 10 menteri atau pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Jokowi Jilid II dinilai berkinerja baik.

Mereka diantaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Ketika Polstat menanyakan kepada responden, dari sejumlah menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Jokowi Jilid II saat ini menurut Anda siapakah yang kinerjanya paling baik, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto paling banyak disebut.

Sebanyak 16,2% responden menilai Menhan Prabowo sebagai menteri dengan kinerja paling baik.

Kemudian sebanyak 11,3% menyebut nama Menparekraf Sandiaga Uno dan 10,8% menilai Menkeu Sri Mulyani sebagai menteri dengan kinerja terbaik.

Selain Menhan Prabowo, Menparekraf Sandiaga dan Menkeu Sri Mulyani, nama-nama anggota Kabinet Jokowi yang juga dinilai berkinerja baik adalah Panglima TNI Andika Perkasa (9,2%), Menteri BUMN Erick Thohir (6,7%), Menteri Sosial Tri Risma Harini (6,2%), Kepala Staf Presiden Moeldoko (6,1%), Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim (6,1%), Menko Polhukam Mahfud MD (5,8%), dan Menteri PUPR Basuki Hadimulyono (4,5%).

Menurut analisis Polstat, ada faktor obyektif dan subyektif yang mempengaruhi persepsi publik dalam menilai kinerja para menteri Kabinet Jokowi.

Menteri Pertahanan, misalnya, mengapa dalam berbagai riset lembaga survei selalu menempati posisi teratas menteri dengan kinerja terbaik.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan