Pemilu Serentak 2024, Jokowi Tekankan Lima Hal Ini ke KPU

  • Bagikan
Presiden Jokowi memberikan pengarahan Pada Rapat Konsolidasi Nasional dalam rangka Kesiapan Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak 2024, di Beach City Entertainment Center, Ancol, Jakarta, Jumat (02/12/2022) pagi. (Foto: Humas Setkab/Jay)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan lima hal yang harus menjadi perhatian seluruh jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pelaksanaan tahapan pemilihan umum (pemilu) serentak di tahun 2024.

Hal itu disampaikan Jokowi pada Rapat Konsolidasi Nasional dalam rangka Kesiapan Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak 2024, di Beach City Entertainment Center, Ancol, Jakarta, Jumat pagi (02/12/2022).

Pertama, Jokowi menekankan agar seluruh kegiatan di semua tahapan pemilu memiliki pengaturan teknis.

Menurut dia, setiap tahapan harus memiliki koridor hukum yang jelas. "Hal ini penting untuk mengantisipasi dan juga mengatasi berbagai persoalan-persoalan yang akan muncul,” ujarnya.

Kedua, mengingatkan bahwa hal-hal teknis dalam penyelenggaraan pemilu bisa menjadi hal politis.

Jokowi memerintahkan agar sarana dan prasarana logistik disiapkan secara detail, serta pengadaannya dilakukan dengan jumlah dan waktu yang tepat.

Ketiga, mendorong agar dilakukan penguatan sumber daya manusia (SDM) di setiap tahapan pelaksanaan pemilu. Presiden meminta agar seluruh pelaksana tahapan dari paling bawah hingga paling atas dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan-kemampuan lainnya yang dibutuhkan, agar seluruh perangkat dan petugas mampu bertugas dengan baik.

Keempat, Kepala Negara mengingatkan bahwa Pemilu 2024 mendatang akan digelar dalam kondisi ekonomi global yang penuh ketidakpastian sehingga semua pihak termasuk penyelenggara pemilu harus memiliki perasaan yang sama mengenai ini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan