Perjalanan Karier Stephani Frappart, Wasit Wanita Pertama Pimpin Pertandingan Piala Dunia

  • Bagikan
Stephani Frappart

FAJAR.CO.ID -- Stephanie Frappart berhasil menarik atensi publik berkat penampilannya sebagai wasit dalam pertandingan grup E Kosta Rika Melawan Jerman di stadion Al-Bayt, Jumat (2/12/2022) dini hari tadi.

Diketahui ini adalah kali pertama Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA menjadikan wanita sebagai wasit utama dalam turnamen paling bergensi sepak bola itu.

Stephanie Frappart tentu menjadi pencetak sejarah dalam pagelaran piala dunia tahun ini. Tidak hanya Stephanie, sebelumnya FIFA menetapkan tiga wasit wanita termasuk di antaranya asisten wasit sebagai pengadil lapangan.

Stephanie telah menjajaki kariernya sebagai wasit sejak usianya baru menginjak 13 tahun. Dia diketahui berasal dari negara Prancis.

Saat berusia 18 tahun, dia telah diberikan kepercayaan untuk memimpin kejuaraan nasional U-19.

Kemudian pada tahun 2011 adalah pertama kalinya Stephanie memimpin sepak bola pria dalam kompetisi Liga 3 Prancis.

Setelah debutnya di Liga Prancis, dia terus menanjak dalam kariernya. Selang tiga tahun setelah memimpin Liga 3, dia kemudian memimpin Liga 2 Prancis.

Penampilannya di Piala Dunia bukanlah penampilan pertamanya dalam kancah internasional. Sebelumnya, pada 2015 dia dipilih sebagai wasit dalam Piala Dunia Wanita di Kanada.

Dengan penampilannya, empat tahun kemudian tepatnya 2019 dia tampil sebagai wasit utama dalam kompetisi tertinggi sepak bola pria Prancis Ligue 1.

Wanita yang kini berusia 38 tahun ini juga pernah mendapat kesempatan besar memimpin pertandingan Piala Super Eropa 2019 antara Liverpool vs Chelsea di Istanbul.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan