Sosok Ritsu Doan, Pahlawan Jepang yang Berhasil Membobol Gawang Jerman dan Spanyol

  • Bagikan
Ritsu Doan.

FAJAR.CO.ID, QATAR -- Timnas Jepang sukses melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Itu setelah mereka sukses melakoni pertandingan terakhir dengan posisi sebagai juara grup.

Samurai Blue mengumpulkan enam poin hasil dari dua kemenangan dari negara yang merupakan tim unggulan yakni Jerman dan Spanyol.

Di balik kesuksesan dari wakil Asia itu, ada sosok pemain yang bersinar, ia adalah Ritsu Doan.

Pemain sayap asal Jepang itu merupakan salah satu lulusan akademi Gamba Osaka, klub raksasa J1 League (Liga Jepang). Setelah lulus dari Gamba Osaka, Doan memulai karier sepak bolanya di Eropa sejak 2017.

Dilansir dari Transfer Markt, Doan mengawali karier profesionalnya di salah satu klub sepak bola Belanda, FC Groningen pada 2017 dengan status pinjaman. Lalu pada 2018, Groningen resmi membeli Doan untuk menjadi bagian dari tim intinya.

Berkat penampilan impresifnya, salah satu klub raksasa Eredivisie (Liga Belanda), PSV Eindhoven membeli Doan dengan mahar Rp130,36 miliar sebelum akhirnya dipinjamkan ke salah satu klub Jerman, Arminia Bielefeld di musim 2020/2021.

Yang terbaru, yakni musim 2022/2023 satu raksasa Bundesliga (Liga Jerman), SC Freiburg memutuskan untuk meminang Doan untuk menjadi salah satu pemain andalannya di musim ini.

Bersama timnas Jepang, pemain berusia 24 tahun ini sudah menciptakan lima gol dari 32 pertandingan bersama Samurai Biru.

Di ajang Piala Dunia 2022, kesuksesan Jepang keluar sebagai juara grup juga tak lepas dari peran penting pemain tersebut.

Ritsu Doan berhasil mencetak dua gol ke gawang dua negara raksasa sepak bola yakni Jerman dan Spanyol dengan masing-masing satu gol. (Erfyansyah/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan