Survei Head to Head MIPOS, Prabowo Subianto-Ganjara Pranowo Unggul atas Pasangan Anies Baswedan-AHY

  • Bagikan
Prabowo Subianto (kanan) dan Ganjar Pranowo (kiri). Berdasar survei MIPOS, mayoritas publik setuju jika Prabowo Subianto berpasangan dengan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. (Antara Photo)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Rilis survei terkait pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada pilpres 2024 terus bermunculan. Lembaga survei aktif memotret tingkat elektabilitas tokoh yang disebut-sebut akan maju.

Rilis terbaru datang dari Merdeka Institute Public Opinion (MIPOS). Dalam rilis yang dipublikasikan menyebutkan, jika kecenderungan masyarakat setuju jika Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto berpasangan dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Ketika kepada responden ditanyakan apakah setuju atau kurang setuju jika Prabowo berpasangan dengan Ganjar pada Pilpres 2024 nanti, sebanyak 65,8 persen menyatakan setuju,” kata peneliti senior MIPOS, Edwin A. Sarif dalam siaran daring, Jumat (2/12).

“Hanya 30,2 persen yang menjawab kurang setuju dan 4 persen responden tidak memberikan jawaban atau tidak tahu,” sambungnya.

Selain memotret soal tokoh yang cocok berpasangan pada pilpres 2024 mendatang, MIPOS juga melakukan simulasi pasangan capres dan cawapres. Dalam survei ini, MIPOS melakukan simulasi head to head antara Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo dengan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dalam simulasi head to head itu, hasil survei menunjukkan jika masyarakat cenderung memilih pasangan Prabowo-Ganjar dengan tingkat elektabilitas 47,9 persen.

“Hanya 30,5 persen responden yang akan memilih pasangan Anies-AHY dan 21,6 persen mengaku masih bingung atau belum bisa mengambil keputusan,” ucap Edwin.

Edwin menyebut, survei lembaganya itu dilakukan pada rentang waktu 1-12 November 2022 di 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Survei ini melibatkan 1.200 responden, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan