Amran Sulaiman: Kawasan Indonesia Timur Mampu Jadi Lumbung Pangan dan Energi

  • Bagikan
Andi Amran Sulaiman

FAJAR.CO.ID, BONE -- Menjaga ketahanan pangan dan energi menjadi fokus utama saat ini. Mantan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman sebut kawasan Indonesia Timur mampu menjadi lumbung dan penopang untuk hal tersebut.

Ia mengatakan bahwa dunia akan krisis energi dan pangan dan solusinya ada di Indonesia utamanya Indonesia Timur.

"Lihat ketahanan pangan kita cukup kuat dibanding negara lain banyak yang kelaparan dan seterusnya," ucapnya.

Lebih lanjut Ketua PP IKA Unhas ini mengatakan khusus Indonesia Timur kalau Indonesia ingin menjadi negara super power negara maju garap bagian timur dengan baik.

"Dan yang menggarap adalah tulis baik-baik yang menggarap adalah putra-putri terbaik bangsa nggak apa-apa orang datang orang asing enggak apa-apa Tetapi kalau yang bisa Putri terbaik bangsa," tegasnya.

Kata dia itu bukan sesuatu yang tidak mungkin sebab ia sudah membuktikan hal tersebut. Diamna pabrik gula sudah ia bangun, pabrik smelter sudah ground breaking.

"Kemudian nantinya ia akan membangun teknologi mobil dan motor listrik dan kita sudah mampu, tingga butuh diberi kesempatan regulasi harus berpihak kepada mereka," terangnya.

Khusus Kabupaten Bone kata dia ada banyak potensi yang dimiliki utamanya dibidang agraris. Maka dari itu hal tersebut harus didorong.

"Karena Bone kaya akan peternakan, perikanan, dan pertanian dan ketika kita dorong itu pasti baik dan sangat berpotensi mewujudkan kesejahteraan," terangnya.

Kemudian ia juga menyarankan agar Bone ke depan harus lakukan hilirisasi produk. Karena niali jual produknya pasti akan berbeda.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan