Erupsi Gunung Semeru, Megawati Soekarnoputri Keluarkan Perintah

  • Bagikan
Megawati Soekarno Putri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Erupsi Gunung Semeru yang meluncurkan awan panas guguran (APG) mendapat perhatian pemerintah. Warga diminta untuk mengungsi ke tempat yang disediakan.

Selain pemerintah setempat, aktiviras vulkanik Gunung Merapi yang dinyatakan status awas itu, juga mendapat perhatian Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Megawati pun telah memerintahkan kader PDIP untuk memberikan bantuan kepada warga di sekitar Gunung Semeru.

Kabarnya, Megawati sore tadi langsung memberikan instruksi agar partai menurunkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) dan memenuhi kebutuhan mendesak kepada warga terdampak.

"Ibu Megawati menelepon saya tadi. Akhirnya, saya langsung menelepon balik Ibu Megawati dan menjelaskan baru selesai mengikuti agenda di Yogyakarta," kata Hasto di Yogyakarta.

Setelah membuka percakapan, Hasto menceritakan Megawati langsung memberi arahan kepada PDIP agar segera ikut membantu warga yang terdampak letusan Gunung Semeru.

"Ibu Megawati berpesan segera disiapkan dan dimobilisasi Badan Penanggulangan Bencana PDI Perjuangan Jawa Timur dan agar secara khusus memberi bantuan keperluan untuk ibu dan anak serta makanan untuk balita," sebut Hasto.

Menurut Hasto, Presiden Kelima RI itu meminta jajarannya mengambil langkah tanggap darurat, reaksi cepat, dan tepat sasaran. "Itu yang selalu dipesankan Ibu Mega saat ada kabar bencana," lanjut Hasto.


Hasto langsung menginstruksikan Wasekjen DPP PDIP Sadarestuwati dan Arif Wibowo, anggota DPR daerah pemilihan sekitar Semeru, seperti Sonny Danaparamita, dan pengurus DPD PDIP Jawa Timur termasuk Sekretaris Sri Untari serta Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani agar segera bergerak menjalankan perintah Megawati tersebut.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan