Hoaks Intoleran Serang Anies, Pengurus PBNU: Faktanya Dia Berhasil Bangun Jakarta dengan Karakter Kesetaraan

  • Bagikan
Anies Baswedan disambut ribuan warga Minang.

FAJAR.CO.ID -- Maraknya hoaks yang terus diproduksi untuk menyerang Anies, justru membuat nama mantan Gubernur DKI Jakarta ini semakin digandrungi. Meski demikian, sejumlah tokoh sangat menyayangkan muculnya hoaks.

Pengurus Lakpesdam PBNU, Muhammad Nurkhoiro, menyoroti fabrikasi informasi yang keliru dan menyesatkan terkait Anies Baswedan, khususnya usai pendeklarasian eks Gubernur DKI Jakarta itu sebagai calon presiden oleh Partai Nasdem.

"Selama ini Anies diframing sebagai intoleran dan sebagainya. Padahal rekam jejak dia selama memimpin tidak seperti itu. Ia berhasil membangun Jakarta dengan karakter kesetaraan dan inklusif,” ujar Nurkhoiron dalam keterangannya, Sabtu (3/12/2022).

Eks Wakil Ketua Komnas HAM itu mengakui secara obyektif bahwa Anies telah berhasil menempatkan diri sebagai figur pemimpin untuk semua kalangan.

Menurutnya, kebijakan-kebijakan Pemprov DKI selama Anies menjabat, seperti bantuan tempat ibadah untuk semua agama serta pemberian ijin pendirian kuil bagi kelompok Hindu Tamil di Jakarta merupakan terobosan yang harus diapresiasi.

”Anies juga tak pernah mendiskriminasi warga, termasuk diskriminasi ekonomi dalam bentuk penggusuran orang miskin yang sebelumnya kerap terjadi,” tambahnya.

Nurkhoiron pun mengimbau agar produksi informasi hoaks yang digunakan untuk ’menyerang’ Anies di media sosial dapat dihentikan.

Sebab, penyebaran narasi bohong nan penuh kebencian tentang lawan politik merupakan perbuatan yang bertentangan dengan semangat demokrasi.

”Kita boleh mendukung atau tidak mendukung siapa pun, tapi bukan dengan cara menebarkan hoaks dan ujaran kebencian,” pungkasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan