Oknum Perwira Paspampres Kini Ditahan di Rutan, Terancam Pemecatan dan 12 Tahun Penjara

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID -- Oknum perwira Paspampres Mayor Inf Bagas Firmasiaga telah resmi berstatus tersangka. Dia pun terancam 12 tahun bui.

Ayah dua anak itu juga terancam pemecatan sebagai anggota TNI AD. Kini dia ditahan di Rutan Guntur atau Pomdam Jaya, Guntur, Jakarta Pusat.

Mayor Bagas diduga pelaku pemerkosaan terhadap perwira Kowad Letda Caj (K) GER atau Letda Grace yang bertugas di Divisi III/Kostrad Sulsel.

“Di Instalasi Tahanan Militer Pomdam Jaya, Guntur,” kata Danpuspomad Letjen Chandra W Sukotjo kepada wartawan, Sabtu (3/12/2022).

Mayor BF ditahan selama 20 hari ke depan dan masa penahanan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan penyidikan.

“Saat ini tersangka ditahan selama 20 hari untuk proses penyidikan,” ujar Letjen Chandra.

Mayor Paspampres ini diproses hukum secara Polisi Militer. Tersangka disidik dan akan diadili dalam sidang militer.

“Yang bersangkutan menghadapi proses hukum, maka yang bersangkutan akan diproses mulai dari penyidikan oleh Polisi Militer, sampai dengan persidangan oleh pengadilan militer,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Pertama (Laksma) Kisdiyanto mengatakan, perwira Paspampres berpangkat mayor tersangka pemerkosa perwira muda perempuan dari kesatuan Kostrad dijerat Pasal 285 KUHP di kasus ini.

Ancaman hukuman pasal 285 KUHP ini adalah maksimal 12 tahun penjara.

“Sudah pasti semua pasal yang berkaitan dengan pemerkosaan akan diterapkan,” katanya, Sabtu (3/12/2022).

Berita sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meminta oknum Paspampres yang memperkosa perwira wanita ini segera dipecat dan sudah menjalani proses hukum pidana.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan