Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur di Dua Lokasi Selesai Sebelum Lebaran

  • Bagikan
ilustrasi rumah korban gempa cianjur

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kabar baik bagi korban gempa Cianjur Jawa Barat. Untuk pembangunan kembali rumah mereka yang rusak akibat gempa bumi beberapa waktu lalu, pemerintah menargetkan selesai sebelum Lebaran 2023 mendatang.

Janji tersebut disampaikan langsung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

"Semua akan kami selesaikan sebelum Lebaran tahun depan, sehingga ketika Lebaran pada April 2023 mereka sudah bisa menempati rumah yang baru,” ujar Basuki di Jakarta, Minggu, (4/11).

Dia menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan lahan untuk relokasi di dua tempat. Kedua tempat relokasi yang disiapkan ity yakni di Cilaku seluas 2,5 hektare dan di Mande seluas 30 hektare.

Lahan relokasi di Cilaku saat ini sedang dikerjakan untuk sekitar 200 unit rumah instan sederhana sehat (RISHA) dengan struktur tahan gempa. Sementara, untuk lahan yang berlokasi di Mande, Kementerian PUPR mulai melakukan land clearing untuk pembangunan sekitar 2.400 rumah.

Pembangunan rumah baru diperuntukkan bagi korban gempa yang rumahnya mengalami kerusakan berat, runtuh, atau terpaksa direlokasi.

“Untuk rumah-rumah yang rusak berat bisa dibangun kembali di tanahnya atau harus direlokasi karena berada di wilayah bahaya sesar gempa. Berdasarkan rekomendasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta Badan Geologi harus direlokasi,” ujar Basuki.

Selain pembangunan rumah untuk relokasi warga terdampak gempa, Menteri Basuki mengatakan, Kementerian PUPR juga akan merehabilitasi beberapa bangunan publik, fasilitas sosial dan fasilitas umum yang rusak berat akibat gempa.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan