Bripka Ricky Rizal Bersaksi untuk Terdakwa Bharada E, Majelis Hakim Sampai Geram

  • Bagikan
Bripka Ricky Rizal di PN Jaksel (ist)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Sidang pembunuhan Brigadir Joshua dengan terdakwa Bharada E kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin, 5/12/2022.

Dalam sidang dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan Bripka Ricky Rizal sebagai saksi. Kesaksian Ricky Rizal ini menjadi perhatian majelis hakim.

Betapa tidak, Ricky Rizal ditengarai memberikan keterangan palsu alias berbohong dalam sidang ini. Dugaan pengakuan bohong yang disampaikan Ricky Rizal itu ditengarai Hakim Ketua Wahyu Iman Santoso. Ketua Majelis Hakim ini pun sampai geram akibat kesaksian Ricky Rizal.

Salah satu yang dicurigai bohong dalam keterangan di persidangan yakni ketika Ricky Rizal mengaku tidak mendengar Bharada Eliezer diperintahkan Ferdy Sambo menembak Brigadir Joshua di TKP pembunuhan di rumah dinas Sambo di Duren Tigam Jaksel.

Mulanya hakim Wahyu mengungkap ingin mengetahui cerita Ricky soal rencana pembunuhan Yosua ini.

Ricky mengatakan, saat itu Ferdy Sambo meminta dia memanggil Yosua dan bertanya apakah berani menembak bila Yosua melawan.

Hakim Ketua Wahyu ingin mendengar cerita penolakan Ricky yang tak mau menembak Brigadir Yosua Hutabarat.

“Jadi waktu saat itu Bapak menanyakan panggil Yosua. Lalu ada, ‘kalau dia melawan kamu berani tidak nembak dia,” kata Ricky menirukan ucapan Sambo.

“Faktanya, yang terjadi Sambo pernah manggil Yosua terus bicara? Kan tidak,” cecar hakim.

“Jadi selama ini tidak pernah sekali pun ajudan setahu saya tiba-tiba digampar, sebelum ditanya dulu apa salahnya,” ungkap Ricky.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan