Judika Harus Vakum Nyanyi, Masalah Serius

  • Bagikan
Judika / Instagram

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kabar kurang menyenangkan datang dari penyanyi Judika Sihotang. Judika dikabarkan mengalami gangguan kesehatan yang mengharuskannya vakum bernyanyi untuk beberapa saat.

Hal ini lantaran pita suara Judika mengalami masalah yang terbilang cukup serius. Judika diminta oleh dokter agar beristirahat sejenak dari aktivitas bernyanyinya.

"Dokter saranin bukan obat lagi tapi memang harus benar-benar berhenti nyanyi (dulu). Kalau nggak suaranya rusak," ungkap Judika dilansir dari Trans Tv pada Senin (5/11/2022).

Judika menjelaskan jika kerusakan yang terjadi karena menggunakan suaranya secara berlebihan. Dia tidak menampik jika salah-satu penyebabnya adalah keseringan menggunakan nada tinggi.

"Kalau ini khusus dengan over use saja, jadi vocal use aku ini kalau dipaksain terus nanti bakal rusak," jelasnya.

Dia juga merasa kurang nyaman dan cenderung merasakan sakit saat dia bernyanyi dengan nada tinggi. Judika pun memilih untuk mengikuti saran dokternya dan akan beristirahat selama beberapa waktu.

"Jadi nggak tahu separah apa tapi aku merasakan itu sangat sakit ketika nyanyi di nada tinggi. Aku sudah sedikit tidak menikmati, memang harus vocal rest dulu," ungkap Judika.

Masalah lamanya waktu vakum, suami Duma Riris itu tidak tahu pasti. Mengingat sudah ada jadwal tampil tahun depan yang tidak bisa dibatalkan kata Judika.

"Enggak tahu, karena tahun depan kita udah punya jadwal-jadwal yang enggak bisa di stop," jelasnya.

"Pengennya istirahat kan tapi efek pandemi kemarin kan banyak wedding tertunda jadinya ya akhirnya di tahun depan itu banyak lagi," sambungnya. (Elva/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan