Menikah dengan Pria ODHA, Benarkah dapat Tertular HIV Hingga Ke Bayinya?

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu penyebab tertularnya seseorang penyakit Human Immunodeficiency Virus adalah melalui hubungan seksual. Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh penderitanya.

Perlu diketahui hingga kini, belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Namun, beberapa pengobatan diterapkan kepada pernderitanya untuk menghambat penularan ke orang lain.

Kemudian ada pertanyaan menarik, apakah Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) bisa menularkan penyakit tersebut kepada pasangannya. Dilansir dari laman resmi Kemwnterian Kesehatan ODHA seharusnya tidak mendapatkan diskriminasi.

"Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) memiliki hak yang sama dengan orang lain dalam kehidupannya. Namun tak jarang dari mereka mengalami diskriminasi seperti dikucilkan oleh orang di lingkungannya karena takut tertular virus HIV. Padahal virus HIV tidak mudah menular, bahkan cara penularannya pun sangat terbatas," tulis kemenkes.go.id.

Terkait hal tersebut, Prof. dr. Zubairi Djoerban memberikan penjelasan. Dalam unggahan Twitter miliknya dia membagikan sebuah utas tentamg pertanyaan seorang perempuan yang akan menikahi ODHA.

"Seorang perempuan. Berencana menikah dengan ODHA. Dan bertanya, apakah bakal calon suaminya itu akan menularkan HIV kepadanya atau tidak kalau menikah, dan apakah aman untuk memiliki anak nantinya?," Tulis Prof Zubairi.

Menurut Prof Zubairi, sikap keterbukaan dari calon pengantin pria patut diapresiasi. Menurutnya, sikat terbuka akan sangat membantu dalam pernikahannya nanti.

"Pertama. Saya amat mengapresiasi pacar Anda. Dia berani terbuka dan jujur. Ini yang menjadi kunci utama. Keterbukaanlah yang akan memandu kalian berdua selama menikah nanti. Termasuk niatan memiliki anak," lanjutnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan