Pemerintah Klaim 21 Negara Uni Eropa Tertarik Investasi di IKN

  • Bagikan
Ibu Kota Nusantara (foto: Instagram @ikn_id)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono mengklaim sebanyak 21 Negara Uni Eropa tertarik untuk berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bambang Susantono baru saja bertemu dengan perwakilan dari 21 negara tersebut di Jakarta, pada Kamis (24/11/2022).

Dalam pertemuan ini, Kepala OIKN didampingi oleh Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajoe dan Sekretaris OIKN Jaka Santos.

Sementara perwakilan dari Uni Eropa di antaranya Italia, Polandia, Belgia, Hungaria, Rumania, Swedia, dan negara-negara lainnya.

Bambang menyebutkan 21 negara Uni Eropa berminat untuk berinvestasi di IKN.

"Ketertarikan negara-negara Uni Eropa pada pembangunan IKN akan ditindak lanjuti dengan serius supaya harapan pemerintah 80 persen pembiayaan berasal dari investor terpenuhi," ujarnya dalam keterangan tertulis di akun Instagram @ikn_id.

Saat ini Kementerian PUPR melakukan pembangunan secara masif di IKN mulai dari pembangunan Kantor Presiden, Kantor Kementerian, hunian untuk pekerja, hingga jalan.

"Pembangunan infrastruktur dasar ini ditargetkan rampung pada tahun 2024," jelas Bambang.

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan difokuskan pada pengembangan wilayah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Pembangunan ini membuka peluang investasi dari berbagai sektor, antara lain sektor kelautan dan perikanan, energi, pariwisata, hingga pendidikan dan kebudayaan.

Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai macam skema kerja sama, seperti investasi langsung, skema kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), dan skema-skema lainnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan