Sufmi Dasco Sebut RKUHP Akan Disahkan Dalam Waktu Dekat

  • Bagikan
Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Dok. JPNN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan pihaknya sudah membawa persetujuan pengesahan Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) ke dalam rapat pimpinan DPR dan Badan Musyawarah (Bamus). Dasco mengakui, RKUHP akan disahkan dalam rapat paripurna terdekat ini, pada Selasa (6/12) besok.

“Kalau Rapim dan Bamus sudah selesai. Pengesahan itu kan kira-kira nanti jadwal paripurna terdekat yang nanti akan diagendakan,” kata Dasco di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (5/12).

Politikus Partai Gerindra ini menyatakan, pengesahan RKUHP yang rencananya akan disahkan pada Selasa (5/12) besok, masih menunggu dari Sekjen DPR RI. “Bisa iya, bisa enggak. Tergantung pengagendaan dari Kesekjenan,” ucap Dasco.

Sebelumnya, Komisi III DPR dan pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah menyetujui draf final RKUHP atau persetujuan tingkat satu pada 24 November lalu.

Dalam rapat kerja terakhir itu, Komisi III dan Kemenkumham membahas 23 daftar inventaris masalah (DIM) dalam RKUHP. Sembilan fraksi di Komisi III pun memberikan pandangan dan masukan kepada masing-masing DIM tersebut.

Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej menyampaikan, DPR telah memberikan sejumlah masukan terkait RKUHP yang tertuang dalam daftar inventarisasi masalah (DIM). Menurut Eddy, beberapa poin dalam DIM telah melalui proses diskusi antara pemerintah dan DPR, serta telah disetujui dalam persetujuan tingkat pertama untuk dimasukkan dalam RKUHP.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan