DPR Segera Gelar Rapat Paripurna Khusus Pengesahan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI

  • Bagikan
Gedung MPR, DPR, dan DPD (Dok. Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk F Paulus, menyampaikan bahwa pihaknya akan menggelar rapat paripurna dengan agenda tunggal dalam waktu dekat.

Rapat Paripurna tersebut dilakukan untuk mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI, menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

“Kita akan Rapat Paripurnakan khusus untuk pengesahan Panglima TNI dalam waktu dekat. Jadi acara tunggal hanya untuk pengesahan Panglima TNI, acara tunggal,” ujar Lodewijk di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/12/2022), dikutip laman DPR.

Lodewijk menambahkan, setidaknya ada dua kali rapat Paripurna akan dilakukan menjelang masa reses pada pertengahan bulan ini.

Kedua Rapat Paripurna tersebut yakni pengesahan pertimbangan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Marguno menjadi calon panglima TNI serta Pidato Penutupan Masa Sidang II Tahun Sidang 2022-2023 yang disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani.

“InsyaAllah kita masih ada dua paripurna lagi ya,” katanya.

Kendati demikian, Politisi dari Fraksi Golkar ini belum bisa memastikan waktu pelaksanaan Rapat Paripurna khusus untuk pengesahan calon Panglima TNI.

Sebelumnya, rapat internal Komisi I DPR RI pada Jumat (2/12/2022) menyepakati Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

Kesepakatan itu diputuskan setelah Laksamana Yudo Margono menjalani rangkaian uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI.

Rapat Internal Komisi I DPR RI juga menyetujui pemberhentian Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Komisi I DPR mengapresiasi dedikasi Jendetal Andika karena telah memajukan institusi TNI. (selfi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan