Gubernur Kaltara Pastikan Kawasan Industri Hijau Indonesia Bakal Serap 150 Ribu Tenaga Kerja

  • Bagikan
Gubernur Kalimantan Zainal Arifin Paliwang (tengah) saat kunjungan di kampus Universitas Terbuka (UT) Tangerang Selatan (6/12). (Hilmi/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Seiring penunjukan Pulau Kalimantan sebagai letak Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pulau itu juga tidak lama lagi akan memiliki kawasan industri hijau Indonesia.

Kawasan Industri Hijau yang bakal dihadirkan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) itu, akan memiliki luas hingga 30 ribu hektare. Kawasan ini diperkirakan sudah bisa beroperasi tiga hingga empat tahun ke depan.

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang memperkirakan kawasan industri tersebut bakal menyerap 150 ribu tenaga kerja.

Kawasan industri hijau tersebut bernama PT Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI). Presiden Joko Widodo menetapkan kawasan industri tersebut sebagai kawasan industri ekonomi hijau atau green economy.

’’Mungkin (mulai beroperasi, Red) tiga atau empat tahun ke depan,’’ kata Zainal di sela penandatangan kerjasama dengan Universitas Terbuka di Tangerang Selatan pada Selasa (6/12).

Purnawirawan perwira tinggi polisi itu mengatakan sejak Agustus lalu pembangunan proyek strategis nasional tersebut sudah berjalan. Mulai dari land clearing, pembangunan pelabuhan, dermaga, hingga penuntasan pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Zainal menjelaskan sesuai dengan namanya, kawasan industri tersebut nantinya menampung perusahaan penghasil energi baru dan terbarukan. Diantaranya adalah pabrik baterai untuk kendaraan listrik. Selain itu pabrik yang beroperasi di dalamnya menggunakan listrik dari PLTA. Bukan dari energi fosil atau mineral seperti batubara.

Dia menjelaskan pembangunan kawasan industri ekonomi hijau tersebut membutuhkan SDM unggul. Apalagi menurut perkiraannya, kawasan industri tersebut bakal menyerap setidaknya 150 ribu tenaga kerja. Untuk itu dia menyambut baik kerjasama dengan kampus Universitas Terbuka dan sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan