Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Batu Ginjal, Hindari Makanan dan Minuman Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Spesialis Urologi dr. Akhada Maulana memaparkan penyebab terbentuknya batu ginjal. 

Batu ginjal (nefrolitiasis) merupakan terbentuknya materi padat dan keras yang menyerupai batu pada ginjal. 

Dijelaskan, batu ginjal akan terjadi ketika terbentuk inti batu kemudian setelah mengalami beberapa kali proses diselimuti oleh bahan-bahan lain yang disebut matriks.

“Bahan penyusun batu bisa dari kalsium (kapur), asam urat, endapan karena infeksi, baik yang murni maupun campuran dengan zat lain, seperti sitrat, oksalat, atau fosfat,” kata dr. Akhada dikutip dari unggahannya di Twitter, Selasa, (6/12/2022).

Ketua Mualaf Center Indonesia NTB ini menyampaikan, terbentuknya batu bisa karena urine terlalu pekat.

Hal ini dapat disebabkan karena kurang minum air putih, jumlah bahan penyusun batu yang terlalu banyak, adanya sumbatan di saluran bawah or dalam ginjal sehingga terbentuk endapan yang lama-kelamaan jadi batu dan kurangnya bahan penghambat batu. 

Adapun cara mencegah terbentuknya batu ginjal bisa dengan meminum air yang cukup.

Dokter Akhada menyarankan jumlah air yang diminum ditambahkan jika banyak keringat yang keluar. Tingkat urin yang dikeluarkan pun harus diperhatikan.

“Minum air cukup (lebih dari 50 cc X berat badan/24 jam). Kalau banyak keringat yang dilebihkan. Dengan target kencing minimal 0.5-1 cc X kg BB / jam. Anggap BB kita 60 kg dalam 24 jam kencing kita min 720-1.000 cc & jernih. Tidak pekat. Sekali kencing paling tidak 250-300 cc. Min 4 X kencing/hari,” jelas Ketua IDI Mataram. 

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan