Terungkap! Ternyata Bukan Pelatih Jepang yang Pilih Penendang Penalti

  • Bagikan
Jepang harus mengakui keunggulan Kroasia/Instagram

FAJAR.CO.ID, AL WAKRAH—Jepang kalah dalam drama adu penalti saat menghadapi Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tim Samurai Biru takluk 1-3 dalam drama adu penalti.

Dalam laga di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Takumi Minamino, Kaoru Mitoma dan Maya Yoshida gagal menjalankan tugasnya dengan baik dalam adu tos-tosan.

Tembakan ketiganya dengan mudah digagalkan kiper Kroasia, Dominik Livakovic. Sebelum adu penalti, Jepang sempat unggul lebih dulu lewat gol striker Celtic Daizen Maeda di babak pertama yang dibalas Ivan Perisic pada paruh kedua dan memaksa laga berlanjut hingga perpanjangan waktu.

Pelatih Jepang Hajime Moriyasu pasca laga mengungkap bahwa dia tidak memilih penendang penaltinya. 'Saya meminta para pemain untuk memutuskan sendiri,' ungkapnya dalam jumpa pers dikutip dari Mail Online.

“Para pemain mencoba di bawah tekanan yang sangat besar dan saya ingin memuji upaya mereka. Kami harus menerima hasil ini, tetapi apakah kami menyerah pada tekanan, saya kira tidak. Saya pikir penjaga gawang itu hebat dan para pemain yang melakukan tendangan penalti juga berani,” lanjutnya.

Ia menegaskan upaya anak asuhnya sudah sangat maksimal. Sepanjang laga ini, kedua negara terlibat saling serang dan menciptakan sejumlah peluang.

“Pada akhirnya, tentu saja kami ingin menang dan hasilnya sangat disayangkan, tapi itulah yang terjadi. Itu tidak meniadakan semua upaya para pemain,” tegasnya merujuk pada sukses mereka mengalahkan Jerman dan Spanyol di penyisihan grup. (amr)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan