Jangan Sembarangan Sebar Foto dan Video Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar, Terancam Penjara dan Denda Ratusan Juta

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANDUNG -- Ledakan bom bunuh diri terjadi di Kantor Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022) pagi.

Total ada 9 orang korban, 8 korban merupakan anggota Polsek Astana Anyar, satu warga sipil. Korban yang meninggal akibat aksi bom bunuh diri ada dua orang. Satu anggota polisi dan satu lagi terduga pelaku.

Tragedi berdarah ini mengagetkan publik, tak terkecuali warga jagat maya. Beberapa kata kunci seperti tagar bom bunuh diri, Polsek Astana Anyar, hingga Densus 88 bertengger di posisi teratas trending topik Twitter.

Dari cuitan tersebut, juga turut dibagikan foto maupun video di tempat kejadian perkara, korban bom bunuh diri, hingga kondisi Kantor Polsek Astana Anyar yang porak poranda terkena bom.

Perlu diketahui, Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) mengatur soal penyebaran konten kekerasan lewat internet, termasuk foto potongan tubuh pelaku atau korban bom bunuh diri.

Aturan tersebut tertuang dalam pasal 29. Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi.

Sementara dalam pasal 45B juga mengatur bahwa setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750 juta rupiah. (dra/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan