Komitmen Hilirisasi Bahan Mentah Dalam Negeri, Jokowi Segera Larang Ekspor Bauksit

  • Bagikan
Presiden Jokowi. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Komitmen Presiden Joko Widodo untuk melakukan hilirisasi bahan mentah di dalam negeri, terus dilakukan terhadap potensi yang dimiliki Indonesia.

Langkah hilirisasi terhadap bahan mentah itu dilakukan agar memberikan nilai tambah berlibat bagi ekonomi di Indonesia. Yang tidak kalah pentingnya akan memberikan peluang terbukanya lapangan kerja baru di tanah air.

Salah satu yang menjadi target Jokowi dalam waktu dekat adalah potensi bauksit. Jokowi menegaskan, dalam waktu dekat dirinya akan mengumumkan kebijakan berupa larangan ekspor bauksit. Dia menegaskan, keputusan larangan ekspor bauksit sebagai wujud konsistensi pemerintah terhadap hilirisasi bahan mentah di dalam negeri.

“Hilirisasi industri itu konsisten terus akan kita lakukan. Tadi pagi kita sudah berbicara, setelah nikel, tadi pagi kita berbicara mengenai bauksit. Segera kita putuskan kapan akan kita larang ekspor bahan mentah dari bauksit. Segera kita akan umumkan,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, baru-baru ini.

Kendati demikian, Jokowi tidak membeberkan kapan pastinya larangan ekspor raw material bauksit diberlakukan. Jokowi menegaskan salah satu kunci pertumbuhan ekonomi pada 2023 adalah investasi.

Untuk itu, lanjut Jokowi upaya hilirisasi bahan mentah akan konsisten dilakukan, dengan harapan investasi akan terus bertumbuh di Indonesia. Bahkan tak hanya baik untuk pertumbuhan ekonomi, tetapi juga bisa menambah lapangan kerja.

“Peningkatan investasi ini harus, tidak bisa ditawar-tawar lagi, karena ini sangat mempengaruhi growth kita sehingga yang namanya hilirisasi industri itu konsisten terus akan kita lakukan,” tegasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan