Nyeri Saat Buang Air Kecil? Bisa Jadi Tanda Batu Kandung Kemih

  • Bagikan
Perbedaan gelaja batu kandung kemih dan batu ginjal

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu penyakit urologi yang umum ditemui disebut batu kandung kemih. Batu menyangkut pada saluran kemih bisa di ginjal, ureter atau uretera penderita.

Batu yang terdapat dalam saluran kemih tersebut terbentuk dari garam dan mineral yang terdapat dalam urin kemudian menempel satu sama lain. Akibatnya membantuk batu.

Batu ini bentuknta seeprti krikil kecil, pada kasus yang ditemukan di bagian ginjal, maka penderita tidak aakn merasakan sakit. Lalu, muncul pertanyaan, apa yang menyebabkan nyeri saat kencing ad laki-laki?

Menurut penjelasan dr. Arkhada Maulana, kemungkinan dalam tubuh laki-laki tersebut terdapat batu kerikil ini.

Adapun gejala yang dialami pasien yakni mengalami nyeri saat kencing, kencing tidak sekencang biasanya, ada hambatan di awal. Meski begitu masih bisa keluar dengan oancar dan tidak ada darah.

Tindakan medis yang dilakukan yaitu CT Scan Abdomen. Didapati batu di bagian uretea pasien. Pada kasus tertentu pasien biasanya akan diberikan antibiotik, anti nyeri serta alfa blocker.

Apa itu alfa blocker? Ini merupakan jenis obat yamg berguna untuk membuka leher di bagian kandung kemih dan uretera bagian prostat. Resep obat-obatan diberikan selama satu minggu.

Dengan pemberian obat tersebut, diharapkan batu akan keluar sendiri. Namun, ada resiko yang mungkin terjadi yaitu batu bisa menyangkut dibagian muara uretra (gland penis).

Jika telah diberikan obat-obatan dan batu tidak bis keluar sendiri, maka akan dilakukan tindakan operasi uretroskopi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan