Polemik Anggaran Mattoanging, Bisa Jadi Rp200 Miliar Asal DPRD Sulsel Tempuh Jalur Ini

  • Bagikan
Gambar rencana pembangunan Stadion Mattoanging

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Alokasi anggaran Stadion Mattoanging pada 2023 Rp60,7 miliar. Lebih kecil dibandingkan anggaran yang gagal terpakai tahun ini.

Angka ini yang menuai protes dari pencinta bola dan suporter PSM. Mereka makin meradang usai mendengar informasi bahwa Komisi E DPRD Sulsel sempat mengajukan Rp200 miliar, namun kemudian diubah menjadi Rp60,7 miliar.

Angka ini diakui seorang pejabat di Dispora Sulsel. Menurutnya, penambahan anggaran sangat bisa dilakukan oleh Ketua DPRD Sulsel, jika mereka memang ngotot ingin agar anggaran Stadion Mattoanging sebesar Rp200 miliar

"Semua bisa bertambah, tergantung dari Ketua DPRD. Jika mereka ngotot tambahkan anggarannya, pasti akan diakomodir oleh Kemendagri dan pemprov," kata pejabat itu kepada FAJAR, Selasa, 6 Desember.

Untuk mekanisme penambahan anggaran di saat seperti ini, sangat mudah dilakukan oleh pimpinan dewan. Sisa memasukkan permohonan untuk tambah anggaran. Syaratnya, tidak menambah item.

"Seperti tidak boleh kita usulkan stadion, terus kita tambah jalan layang. Itu tidak boleh, karena ada item baru," ungkap pejabat itu.

Pemegang kekuasaan tertinggi yang ada di Sulsel adalah ketua dewan, bahkan bisa meng-SK-parsialkan anggaran.

"Misalnya sudah turun dari sana (Kemendagri) terus di tengah jalan tiba-tiba dewan mau menambah, mereka sisa langsung masukkan permintaannya di Pemprov seperti itu, itu namanya diparsialkan langsung atas usulan dewan," paparnya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Sulsel Amson Padolo, mengatakan untuk pembangunan Stadion Mattoanging tahun depan sebesar Rp60,75 miliar dalam APBD Sulsel 2023.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan