Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf Dipisah Tahanan, Begini Pertimbangan Majelis Hakim

  • Bagikan
Bripka Ricky Rizal di PN Jaksel (ist)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Tempat penahanan terdakwa pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, yang tadinya ada yang bersama dalam satu sel akhirnya dipisahkan.

Keputusan untuk memisahkan sel para terdakwa itu dilakukan demi kepentingan pemeriksaan di persidangan. Keputusan itu juga berdasar permintaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menilai para terdakwa perlu dipisahkan penahanannya.

Terdakwa dimaksud adalah Ricky Rizal dengan Kuat Ma'ruf. Selama ini, kedua terdakwa tersebut ditahan dalam satu sel.

Atas permintaan itu, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan memindahkan lokasi penahanan terdakwa Ricky Rizal. Sebelumnya, dia ditahan di Rutan Salemba cabang Bareskrim Polri, dipindah ke Rutan Salemba cabang Kejaksaan Agung (Kejagung).

“Menimbang bahwa berdasarkan permintaan dari JPU di persidangan dan utk kepentingan pemeriksaan di persidangan maka majelis memandang perlu memindahkan tempat penahanan terhadap terdakwa Ricky Rizal Wibowo di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Agung, dengan tujuan agar terdakwa Ricky Rizal Wibowo dengan terdakwa Kuat Ma’ruf tidak saling berhubungan,” kata Hakim Ketua Wahyu Iman Santoso dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (7/12).

Hakim meminta kepada JPU segera memindahkan Ricky. “Memerintahkan agar sehelai tembusan penetapan ini secepatnya disampaikan kepada terdakwa dan keluarganya,” ucap Hakim Wahyu.

Diketahui, kasus pembunuhan Brigadir J yang kini masuk tahap persidangan itu dirancang Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan