Bertemu Pimpinan Parlemen Arab Saudi, Banggar DPR Dorong Peningkatan Investasi di RI

  • Bagikan
Anggota Banggar DPR RI, Hamka B Kady bertemu Pimpinan Parlemen Arab Saudi (foto: ist)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Badan Anggaran (Banggar) DPR RI melaksanakan kunjungan kerja ke Saudi Arabia guna memperkuat kerjasama ekonomi dan investasi serta hubungan parlemen yang sudah terjalin antar kedua negara.

Anggota Banggar DPR RI, Hamka B Kady mengatakan saat ini Kerajaan Saudi Arabia sedang mempersiapkan Visi 2030 yang akan menjadikan Saudi Arabia sebagai jantungnya Jazirah Arab dan Islam. sekaligus sebagai pusat kekuatan ekonomi kawasan teluk.

Lahirnya visi 2030 Kerajaan Saudi Arabia tidak bisa dilepaskan dari keinginan negara Saudi Arabia untuk melakukan transformasi ekonomi ke berbagai sektor ekonomi.

"Sebagai negara yang memiliki sumber pendapatan negara lebih dari 70 persen berasal dari penjualan minyak akan sangat terpukul dengan kondisi saat itu. Kemewahan sebagai negara petrodolar akan segera berakhir, seiring dengan tidak stabilnya harga minyak internasional. Stabilitas harga minyak internasional sangat ditentukan banyak faktor, salah satunya kondisi geo-politik dan keamanan global yang tidak bisa diprediksi," jelas Hamka dalam pertemuan di Riyadh, Arab Saudi, Rabu (7/12/2022).

Lebih lanjut Hamka memaparkan, saat ini Indonesia memerlukan investasi besar untuk menyelesaikan beberapa Proyek Strategis Nasional yang dirancang hingga tahun 2024.

Banyak kesempatan yang bisa diambil oleh Indonesia dalam membuka kerjasama ekonomi tersebut, selain investasi pada sektor minyak dan gas, juga terdapat sektor-sektor dimana Indonesia memiliki pengalaman yang lebih baik, diataranya pengembangan sektor pariwisata, perhotelan dan industri manufaktur serta perkebunan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan