Cairan Bening Keluar dari Saluran Kencing Tanpa Disadari? Kebelet Nikah Bisa Jadi Penyebabnya

  • Bagikan
Ilustrasi cairan bening keluar saluran kencing

FAJAR.CO.ID — Dokter Spesialis Urologi, Akhada Maulana memberi pencerahan terkait keluarnya cairan bening dari saluran kencing tanpa disadari.

Dia membeberkan dua contoh kasus. Pertama, seorang laki-laki berumur 24 tahun yang mengeluhkan keluarnya cairan bening dari kemaluannya. Namun hal itu dirasakan tidak setiap hari.

“Tidak nyeri. Tidak ada demam. Kalau ketemu lawan jenis terkadang keluar cairan tersebut,” katanya dalam unggahannya, Kamis, (8/12/2022).

Dia menyampaikan, untuk kasus ini normal pada usia muda. Karena usia 20-an memang usia orang menikah. Cairan tersebut dari prostat. Pelumas yang akan keluar ketika pria terangsang.

Pada kasus ini kata Ketua Mualaf Center Indonesia NTB ini, pasien diminta untuk mengalihkan pikiran dari lawan jenis.

“Saya minta menyibukkan diri di organisasi atau pekerjaan. Sehingga bisa mengurangi keluarnya cairan mazi ini. Pilihan kedua ya segera menikah. Nanti saat menikah Insha Allah pasti hilang. Dan benar. Beberapa bulan setelah menikah pasien ini kontrol dan cerita kalau keluhannya hilang. Tidak ada lagi mazi yang keluar,” tuturnya.

Pada kasus kedua, pasien laki-laki umur 25 tahun datang dengan keluhan keluar cairan bening setiap hari dari kemaluannya sejak 2 pekan sebelumnya.

Pasien tidak nyeri dan tidak ada demam. Pada kasus ini Dokter Akhada curiga pasien mengalami radang prostat (prostatitis).

Dosen FK Univ Mataram NTB ini kemudian memberikan antibiotik (pilihan utama levofloxacin or cefixime) selama 7 hari.

“Saya tambah dengan anti radang dexketoprofen. Alhamdulillaah setelah itu keluhan hilang,” tandas Ketua IDI Kota Mataram ini. (selfi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan