Gerakan Reichsbuerger Dicurigai Hendak Melakukan Kudeta, Polisi Jerman Lakukan Operasi Besar-besaran

  • Bagikan
Polisi Jerman melakukan razia besar-besaran pada Rabu (7/12). Sekitar tiga ribu petugas kepolisian, termasuk unit elite antiteror, dikerahkan bersamaan di penjuru negeri sejak pagi. (Christian Mang/Reuters)

FAJAR.CO.ID, JERMAN -- Kepolisian Jerman melakukan operasi besar-besaran di seluruh penjuru negeri, terhadap kelompok ekstremis. Kelompok yang menjadi sasaran operasi itu adalah mereka yang tergabung dalam gerakan Reichsbuerger alias penduduk Reich.

Operasi besar-besaran yang dilakukan pada Rabu, 7/12/2022 itu dilakukan karena kelompok ini dicurigai sedang merencanakan serangan bahkan kudeta terhadap pemerinyah.

Sekitar tiga ribu petugas kepolisian, termasuk unit elite antiteror, dikerahkan bersamaan di penjuru negeri sejak pagi. Mereka menggeledah 130 properti di 11 negara bagian federal. Hasilnya, 25 orang diamankan.

Mereka ditangkap di Baden-Wuerttemberg, Bavaria, Berlin, Hesse, Lower Saxony, Saxony, dan Thuringia. Dua di antaranya ditangkap di luar negeri, yaitu di Italia dan Austria. Media Jerman menyebut itu sebagai operasi terbesar pemerintah terhadap kelompok ekstremis.

Ekstremis yang diamankan tersebut merupakan sel teror kelompok ekstrem kanan yang dicurigai merencanakan penggulingan pemerintahan.

Majalah mingguan Der Spiegel melaporkan bahwa salah satu lokasi yang digerebek termasuk barak unit pasukan khusus Jerman KSK di Calw. Dulu KSK pernah diselidiki atas dugaan tentaranya terlibat kelompok sayap kanan.

”Demokrasi telah dipertahankan. Ada kecurigaan bahwa telah direncanakan serangan bersenjata terhadap lembaga-lembaga konstitusi,” ujar Menteri Kehakiman Jerman Marco Buschman seperti dikutip CNN.

Kejaksaan Federal mengungkapkan bahwa kelompok Reichsbuerger yang berdiri sejak akhir November 2021 diduga telah membuat persiapan konkret. Yakni, memaksa masuk ke parlemen Jerman dengan kekerasan menggunakan kelompok bersenjata skala kecil.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan