KPK Pastikan Penyelidikan Formula E Tetap Jalan, Firli: Kami Tidak Pernah Menarget Orang Jadi Tersangka

  • Bagikan
Ketua KPK Firli Bahuri (foto: dok KPK)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan penyelidikan kasus dugaan korupsi terkait penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta tetap berjalan.

Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan lembaga yang dipimpinnya tidak akan terpengaruh dengan kekuasaan manapun dalam proses penyelidikannya.

"Penyelidikan Formula E tetap jalan, tidak pernah terganggu. Karena pada prinsip kerja KPK tidak pernah terganggu dengan kekuasaan manapun, itu undang-undang menyebutkan. Jadi, KPK adalah lembaga negara dalam rumpun eksekutif dan dalam pelaksanaan tugas dan wewenangnya tidak terpengaruh kepada kekuasaan manapun," tegas Firli Bahuri saat konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Kamis (8/12/2022) dini hari.

Lebih lanjut ditegaskan Firli, kerja KPK merupakan penegakan hukum. KPK bekerja berdasarkan azas-azas pelaksanaan tugas pokok KPK, yakni demi kepentingan umum, kepastian hukum, keadilan, transparan, proporsionalitas dan tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

"Penyelidikan kasus Formula E memang murni soal penegakan hukum," tekannya lagi.

Terkait perkembangan penyelidikannya, Firli masih enggan membocorkan. Ia berjanji akan membuka ke publik pada saat yang tepat nanti.

"Kalau masalah perkembangannya, nanti kita akan sampaikan pada waktunya, tidak sekarang," ucap Firli.

Lebih lanjut ia menyampaikan, di setiap kasus dugaan korupsi yang tengah didalami, termasuk penyelenggaraan Formula E, KPK tidak pernah menarget orang atau pihak manapun.

Termasuk mentersangkakan orang kecuali seseorang tersebut karena perbuatannya dan atau keadaannya, berdasarkan bukti permulaan, patut diduga sebagai atau selaku tindak pidana.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan