Membaca Safari Politik Anies di Sulsel

  • Bagikan

Oleh: Mulawarman
Jurnalis, Alumni Unhas

Selama 3 hari, Sabtu, Minggu dan Senin (11-13/12/2022), warga Sulsel akan kedatangan kandidat Capres NasDem, Anies Baswedan. Kunjungan itu merupakan rangkaian lawatan politiknya sejak dideklarasikan sebagai Capres pada 3 Oktober 2022 lalu di Jakarta. Langkahnya memunculkan berbagai anggapan sekaligus spekulasi terhadap prospek politik di Sulsel khususnya dan kiprahnya di nasional pada umumnya.

Kunjungan itu sendiri dipastikan akan punya makna yang cukup penting baik bagi Anies maupun NasDem Sulsel. Selain publik akan semakin kenal dengan mantan gubernur DKI Jakarta ini, juga akan semakin mengakselerasi kerja politik mesin partai yang diketuai Rusdi Masse Mappesessu yang populer disapa RMS ini. Partai lain sudah seharusnya ikut terpacu. Karena kegiatan itu pastinya bukan hanya soal kunjungan Anies semata, namun juga akan menjadi panggung politik NasDem Sulsel.

Tulisan ini akan menjawab beberapa pertanyaan: sejauh mana efektivitas popularitas dan elektabilitas Anies dalam safari politik? Seperti apa prospek kunjungan Anies di Sulsel bagi pemenangannya dan NasDem Sulsel? Tantangan ke depan dalam pemenangan?

Prospek Safari Anies

Sebelum rencana ke Sulsel, Anies telah lebih dulu melakukan safari politik ke Aceh dan Sumatera. Meski sempat mengalami berita penolakan terkait izin, namun pada 2 Desember 2022 tepatnya, dia berkunjung ke Aceh dan disambut oleh masyarakat dan ribuan relawan yang mengatasnamakan Masyarakat Pro Anies Baswedan (Monas) di depan pintu masuk Bandara SIM Sultan Iskandar Muda Banda Aceh.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan