Suap Penanganan Perkara, Hakim Agung Gazalba Saleh Resmi Ditahan KPK

  • Bagikan
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan Hakim Agung Gazalba Saleh, Kamis (8/12). (Muhammad Ridwan/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Hakim Agung, Gazalba Saleh yang terjerat dugaan suap penangan perkara di Mahkamah Agung (MA), akhirnya resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis, 8/12/2022.

Sebelumnya, Gazalba Saleh sudah ditetapkan tersangka beberapa waktu lalu, namun KPK baru memutuskan melakukan penahanan setelah melakukan serangkaian pemeriksaan oleh tim penyidik KPK.

Penahanan terhadap Gazalba Saleh menyandang status tersangka itu menyusul tersangka lain yang lebih awal ditahan KPK yakni Hakim Yustisial, panitera pengganti pada Kamar Pidana MA sekaligus asisten Hakim Agung Gazalba Saleh, Prasetio Nugroho dan Staf Hakim Agung Gazalba, Redhy Novarisza. Kedua pegawai MA itu telah lebih dahulu ditahan oleh KPK.

Gazalba Saleh terlihat mengenakan rompi tahanan KPK yang berwarna oranye. Penahanan terhadapnya menandakan bahwa Gazalba tidak lagi bisa menangani perkara di Mahkamah Agung (MA).

“Untuk kepentingan penyidikan, tersangka Gazalba Saleh dilakukan penahan selama 20 hari pertama, dimulai tanggal 8 Desember sampai 27 Des 2022 di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur,” kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Perkara yang menjerat Gazalba Saleh tersebut bermula pada awal tahun 2022, terkait adanya perselisihan di internal koperasi simpan pinjam Intidana, yang kemudian terjadi pelaporan perkara pidana dan gugatan perdata yang berlanjut hingga proses persidangan di Pengadilan Negeri Semarang.

Yosep Parera (YP) dan Eko Suparno (ES) ditunjuk oleh Heryanto Tanaka sebagai pengacara untuk mendampingi selama dua proses hukum tersebut berlangsung. Terkait perkara pidana, Heryanto melaporkan Budiman Gandi Suparman selaku Pengurus KSP Intidana, karena adanya pemalsuan akta dan putusan di tingkat pertama pada Pengadilan Negeri Semarang dengan terdakwa Budiman Gandi Suparman dinyatakan bebas.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan