Survei LKP, Elektabilitas Prabowo Subianto Teratas, Disusul Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

  • Bagikan
Prabowo Subianto

FAJAR.CO.ID, JAKARA -- Survei elektabilitas calon presiden untuk pilres 2024 mendatang bermunculan. Kali ini datang dari Lembaga Klimatologi Politik (LKP).

Dalam survei yang mereka rilis, menempatkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) dengan elektabilitas tertinggi sebesar 24,2 persen. Ganjar Pranowo menyusul di posisi kedua dengan 23,7 persen dan Anies Baswedan 22,9 persen.

“Ketika LKP menanyakan kepada responden, siapakah yang akan dipilih jika pemilihan presiden (Pilpres) dilaksanakan saat ini, nama Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo paling banyak disebut,” kata Direktur Eksekutif LKP, Usman Rachman di Jakarta, Kamis (8/12).

Usman menjelaskan, dukungan terhadap capres papan atas tersebut semakin terkonsolidasi, dinamika elektabilitas para capres papan tengah dan papan bawah menunjukkan kecenderungan stagnant. Bahkan elektabilitas beberapa capres papan tengah seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir dan Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) memperlihatkan trend menurun. Berdasarkan hasil survei LKP, satu-satunya capres papan tengah dan papan bawah yang elektabilitas meningkat signifikan adalah KSP Moeldoko.

Menurut Usman, pada survei-survei LKP sebelumnya tingkat elektabilitas Moeldoko tidak pernah mencapai angka 2 persen, sehingga ia selalu berada di papan bawah rating survei. Namun dalam survei kali ini elektabilitas mantan Panglima TNI itu melesat menjadi 4,2 persen dan berhasil menyodok lima besar bakal capres 2024.

“Dengan demikian, Moeldoko menjadi satu-satunya capres papan tengah dan papan bawah yang paling moncer perkembangan elektabilitasnya. Sebab itu bukan tak mungkin Moeldoko dapat menjadi ‘kuda hitam’ yang mengejutkan jelang Pilpres 2024 nanti dan menggeser dominasi capres papan atas,” ucap Usman.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan