Surya Paloh Absen di Pernikahan Putra Bungsu Jokowi, M Qodari Komentar Ini

  • Bagikan
Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari merespons soal ketidakhadiran Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di acara pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. (Dok JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA --Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh tampaknya bakal absen pada acara pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Kepastian itu menyusul adanya kabar bahwa Surya Paloh sedang ke luar negeri dengan agenda berobat. Namun, alasan itu dinilai sebagai gestur politik oleh kalangan pengamat.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari pun turut merespons ketidakhadiran Surya Paloh di acara Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Menurut Qodari, absennya Surya Paloh menjadi fenomena sangat menarik, sebab, di luar dugaan justru yang konfirmasi hadir adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Meskipun alasannya ke luar negeri dengan keperluan berobat, kata Qodari, hal itu tersirat gestur politik yang kental dengan penghindaran. Penghindaran ini bisa jadi tanda akan ada pertukaran posisi di pemerintahan antara Nasdem dan Demokrat.

“Kira-kira ini indikasi bisa terjadi pertukaran tempat di pemerintahan antara Nasdem dengan Demokrat. Jadi gesturnya SBY datang itu merapat ke pemerintahan Jokowi, minimal membuka komunikasi,” ujar M. Qodari, Kamis (8/12/2022).

Untuk diketahui, akad nikah Kaesang dan Erina akan digelar pada Sabtu (10/12) di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta kemudian dilanjutkan resepsi pernikahan yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo pada Minggu (11/12).

Qodari menilai, selama ini Demokrat dikenal sebagai partai oposisi, sedangkan Nasdem semenjak mengusung Anies Baswedan sebagai capres mulai ada rasa oposisi dan terlihat renggang hubungannya dengan koalisi pemerintah.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan