Wajarkah Cairan Bening Kerap Keluar dari Saluran Kemih Pria?

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Masalah kesehatan pada organ intim manusia tidak boleh dianggap sepele. Meski kerap terjadi sering kali masalah tersebut diakibatkan oleh suatu gangguan kesehatan serius hingga infeksi virus.

Pada perempuan sering dijumpai kasus keluarnya cairan bening dari kemaluan. Hal ini disebut sebagai keputihan. Ini merupakan hal yang wajar, namun dalam kasus tertentu juga tidak bisa digampangkan.

Tidak hanya pada wanita, pria juga bisa mengalami keadaan suatu cairan bening/mazi keluar dari saluran kemihnya. Namun, hal tersebut berbeda dari keputihan.

Terkait hal tersebut dr. Arkhada Maulana memberikan penjelasan dengan membandingkan dua pasien berumur 20 tahunan.

Kasus Satu

Pada kasus pertama seorang pria berumur 24 tahun memiliki keluhan kadang keluar cairan bening dari kemaluannya. Keadaan demikian tidak terjadi setiap hari.

Selain keluhan seperti keluarnya cairan disertai nyeri atau demam. Namun, saat bertemu dengan lawan jenis, terkadang cairan tersebut keluar di kemaluannya.

dr. Arkhada menerangkan jika keadaan ini merupakan hal yang normal di usia 20-an. Terlebih pada usia orang menikah. Cairn tersebut asalnya dari prostat.

Cairan bening ini adalah pelumas yang biasnya keluar ketika seorang pria terangsang. Lalu, bagaimana mengatasi hal tersebut?

Dia menjelaskan bahwa pria tersebut harus mengalihkan pikirannya dari lawan jenis agar cairan bisa berkurang. Pilihan kedua yang diberikan adalah segera menikah.

Pasien tersebut kemudian disebut telah menikah. Setelah menikah, beberapa bulan kemudian pasien tersebut sudah bisa mengontrol keluhan sebelumnya. Bahkan, tidak adalagi cairan mazi yang keluar setelah menikah.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan