Respons Usul Penundaan Pemilu 2024 yang Digulirkan Bamsoet, Sufmi Dasco Ahmad Bilang Ini

  • Bagikan
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (foto: dok DPR)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Usul penundaan pemilu yang digulirkan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menuai banyak sorotan. Apalagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pemilu sudah menetapkan tahapan pemilu 2024.

“Apa yang disampaikan Pak Bamsoet tentunya tidak serta-merta mengubah tahapan yang sudah ada,” kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/12).

Legislator Partai Gerindra ini menegaskan, DPR tetap mendukung Pemilu 2024 tetap dilaksanakan sesuai waktunya pada 14 Februari 2024, meski ada sejumlah pihak yang tetap berusaha agar pesta demokrasi lima tahunan itu bisa ditunda.

“Pada saat ini DPR RI dan KPU serta pemerintah masih tetap jalan dalam proses tahapan yang sudah disepakati,” tegas Dasco.

Ketua MPR Bambang Soesatyo sebelumnya menyatakan, penyelenggaraan Pemilu 2024 sebaiknya dipikirkan ulang. Bamsoet beralasan Pemilu 2024 berpotensi memanaskan suhu politik nasional.

“Tentu kita juga mesti menghitung kembali, karena kita tahu bahwa penyelenggaraan pemilu selalu berpotensi memanaskan suhu politik nasional, baik menjelang, selama, hingga pasca penyelenggaraan pemilu,” ujar Bamsoermt dalam diskusi Poltracking Indonesia, Kamis (8/12).

Terlebih, kata Bamsoet, publik merasa puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Hasil survei Poltracking Indonesia November 2022 menyebut, 73,2 persen tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah.

“Pertanyaan pentingnya bagi saya, itu adalah bukan soal puas tidak puasnya publik, tapi apakah ini berkorelasi dengan keinginan publik untuk terus Presiden Jokowi memimpin kita semua?,” pungkas Bamsoet. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan