Selain Deddy Corbuzier Penerima Pangkat Militer Tituler, Ada Juga Maestro Biola Indonesia, Ini Perannya…

  • Bagikan
Idris Sardi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Ternyata, tak hanya Presenter dan YouTuber Deddy Corbuzier menerima pangkat militer Letnan Kolonel Tituler Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Sebelumnya, medio 1996, maestro biola, Idris Sardi, juga disematkan pangkat tituler tersebut.

Idris Sardi diminta membenahi kesatuan musik tentara dan ia pun diangka sebagai pelatih dan supervisi musik di lingkungan tentara tersebut.

Berikut ini profil Idris Sardi dirangkum dari Wikipedia:

Idris Sardi lahir di Batavia, Hindia Belanda pada 7 Juni 1938 dan meninggal dunia
28 April 2014 di Cimanggis, Depok.

Idris Sardi merupakan seorang pemain biola berkebangsaan Indonesia. Ia adalah anak dari pemain biola Orkes RRI Studio Jakarta, Sardi. Sementara ibunya, Hadidjah merupakan aktris Indonesia pada era tahun 1940-1970an.

Idris Sardi juga mendapat kepercayaan dari Presiden Soeharto dan Para Jenderal TNI-AD untuk memimpin Satuan Musik Militer (Satsikmil) karena dianggap mampu memberikan inovasi dunia permusikan TNI AD.

Pada usia enam tahun, pertama kali mengenal biola.

Pada umur sepuluh tahun ia sudah mendapat sambutan hangat pada pemunculannya yang pertama di Yogyakarta tahun 1949. Boleh dikatakan sebagai anak ajaib untuk biola di Indonesia, karena di usia muda sekali sudah lincah bermain biola.

Tahun 1952 Sekolah Musik Indonesia (SMIND) dibuka, dengan persyaratan menerima lulusan SMP atau yang sederajat.

Pada tahun 1952, Idris Sardi baru berusia 14 tahun, sehingga ia belum lulus SMP, tetapi karena permainannya yang luar biasa ia bisa diterima sebagai siswa SMIND tersebut. Bersama temannya yang juga pemain biola, Suyono (almarhum) namun bukan anak ajaib, yang lebih tua 2 tahun merupakan dua orang siswa SMIND yang berbakat sekali.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan