Dugaan Diskriminasi ODHIV Trending di Twitter, dr. Tirta Beri Penjelasan

  • Bagikan
Dokter Tirta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Topik tentang ODHIV (Orang dengan HIV) trending Twitter. Berawal dari unggahan seseorang yang menyebut tentang diskrimisnasi bagi pasien di rumah sakit.

Dalam unggahan milik akun @darahjavva dia menyebut jika diskriminasi untuk ODHIV masih ada. Dia menyebut sedang mendampingi temannya yang mau operasi.

"Diskriminasi odhiv masih ada!! Dampingi teman odhiv yg mau operasi," tulisnya pada Rabu (14/12/2022).

Dia kaget dengan ranjang rumah sakit yang dilapisi plastik. Awalnya dia mengira itu adalah hal wajar semasa pandemi. Namun, setelah dijelaskan oleh susternya hal ini karena pasien terkena HIV.

"Kaget kok bed diplastiki kukira karena sejak pandemi, ternyata dijelaskan oleh susternya karena HIV," sambungnya.

Lebih lanjut dia merasa marah, namun tidak tahu melampiaskan kepada siapa. Dia pun menyindir dengan mengatakan sekalian kamar mandi pasien di laminating saja.

"Mau marah tapi sama siapa?!
Kok ga sekalian kamar mandinya kalian laminating?!," Tutupnya.

Unggahan ini kemudian mendapat pro kontra dari warganet. Banyak yang menyebut jika itu adalah hal wajar. Di sisi lain ada juga yang setuju dengan pendapat pria tersebut.

"Bukan diskriminasi dong bapak. Operasi itu membuat cairan dalam tubuh keluard area yang dibedah. Hal ini berpotensi menularkan virus yang sifat nya menular dari dalam cairan tubuh pasien ke tubuh nakes yang menangani pasien. Juga yang nantinya bertugas melakukan cleaning tempat operasišŸ˜Œ," tulis akun yang tidak setuju.

"Ini diskriminasi. Aku punya keluarga yg ODHIV, dia diperlakukan seperti pasien biasa ketika harus rawat inap di rumah sakit. Saudaraku bahkan ada luka terbuka, ga ada namanya sprei diplastikin kyk gini," tulis lainnya yang setuju.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan