Diungkap Rizal Ramli, Ini Tiga Upaya Pendukung Bangun Dinasti Jokowi

  • Bagikan
Rizal Ramli (Twitter)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Tokoh nasional Rizal Ramli membeberkan sejumlah upaya pendukung Jokowi untuk membangun dinasti Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rizal Ramli menyebutkan 3 upaya pendukung untuk kelangsungan dinasti Jokowi, antara lain adalah nepotisme, usulan perpanjang masa jabatan atau tiga periode, dan KUHP.

"Upaya utk membangun dinasti Jokowi: didukung dgn 1) nepotisme 2) perpanjangan masa jabatan 3) KUHP quasi-ototoriter," ucapnya dikutip NewsWorthy dari Twitter @RamliRizal, Rabu (21/12).

Menurutnya, usulan perpanjangan masa jabatan Jokowi yang tentunya melanggar konstitusi, akan berdampak pada usulan kembali ke Undang-Undang Dasar 1945.

"Rencana makar konstitusi itu, dgn tujuan perpanjangan masa jabatan Jokokowi, akan mendomplengi usulan ‘Kembali ke UUD-45’, memanfaatkan ketulusan mantan2 TNI," tambahnya.

Sementara itu, netizen di Twitter menyebutkan bahwa wacana tiga periode Jokowi telah dimulai sejak proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur dibangun.

Selain itu sejumlah UU juga dibuat untuk kepentingan penguasa, seperti dengan Omnibus Law atau UU Cipta Kerja dan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP).

"Parah ya Pak. Wacana 3 periode sdh terendus sejak IKN yg ngotot ttp dibangun pdhal JKW sdh ga berkepentingan lg stlh 2 periode," cuit akun Twitter @Share***.

"Omnibuslaw, RKUHP isinya jelas utk kepentingan penguasa. Ga heran bakal ada perubahan periode presiden seumur hidup," tandasnya.(wartaekonomi/fajar)

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerjasama antara FAJAR.CO.ID dengan NW.WARTAEKONOMI.CO.ID. Segala hal yang terkait dengan artikel ini adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari NW.WARTAEKONOMI.CO.ID.
Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan