Eks Dirut LIB Bebas dan Status Tersangkanya Gugur, Ini Penjelasan Polri

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,JAKARTA -- Mantan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Akhmad Hadian Lukita dibebaskan dari rumah tahanan. Sebelumnya dia ditahan setelah ditetapkan tersangka insiden Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Selain dirinya, ada lima tersangka dalam insiden yang menewaskan sebanyak 136 orang itu.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, penyidik kepolisian telah berkomunikasi dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait proses hukum ini.

Dari hasil komunikasi tersebut, membuat Akhmad keluar dari rumah tahanan (rutan). Statusnya bukan lagi tersangka.

“Dalam proses administrasi penyidik akan menyiapkan dan yang bersangkutan (Akhmad) segera dikeluarkan dari rutan. Statusnya bukan tersangka lagi,” kata Dedi di kawasan Monas, Kamis (22/12).

Dirinya juga menyebut keputusan itu berdasarkan hasil analisa JPU dalam proses pemberkasan. Jaksa menilai, Akhmad dapat dibebaskan dari segala sangkaan selama ini.

Hal ini juga merupakan kewenangan asas diferensiasi yang berbeda antara jaksa dan kepolisian.

Sebelumnya, Jaksa sendiri sudah melakukan penelitian terhadap berkas penuntut tersebut dan mengeluarkan petunjuk untuk membebaskan Akhmad Hadian Lukita.

“Iya hasil penelitian JPU yang melakukan penelitian secara komprehensif,” ungkap.

Hal ini sendiri menyisahkan lima orang sebagai tersangka dalam tragedi yang terjadi pada 1 Oktober lalu.

Diantaranya ada, Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, Abdul Haris, Security Officer, Suko Sutrisno, Kabagops Polres Malang, Kompol Wahyu SS, anggota Brimob Polda Jatim, H dan Kasat Samapta Polres Malang, AKP Bambang Sidik Achmadi.(Erfyansyah/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan