Potensi Hujan Ekstrem dan Badai Dahsyat Jabodetabek, Pemprov DKI Keluarkan Kebijakan Penting

  • Bagikan
Ilustrasi pejalan kaki melintas di bawah guyuran hujan lebat. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan potensi hujan dan badai ekstrem hingga terjadinya banjir besar di kawasan Jabodetabek, khususnya Tangerang, Banten, pada Rabu, 28 Desember 2022.

Peneliti Klimatologi Pusat Riset Iklim, dan Atmosfir BRIN Erma Yulihastin menghimbau masyarakat dan pemerintah terkait untuk bersiap menghadapi hujan ekstrem dan badai dahsyat tersebut.

"Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek, dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," kata Erma Yulihastin, dalam unggahannya di Twitter, Selasa (27/12).

Dia menjelaskan badai dahsyat dari laut akan dipindahkan ke darat melalui dua jalur: dari barat melalui angin baratan yang membawa hujan badai dari laut (westerly burst) dan dari utara melalui angin permukaan yang kuat (northerly, CENS).

"Maka Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022," ungkapnya.

Ia menyatakan konvergensi di darat juga akan terjadi secara massif sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2022 akan terjadi meluas, menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat.

Sementara Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mempersilakan perusahaan untuk menerapkan work from home menyusul adanya potensi badai besok.

Pemprov DKI Jakarta juga akan memberikan informasi terkait kondisi cuaca secara berkala. (dra/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan