Vitamin D Bisa Diperoleh dari Sinar Matahari, Bisakah Diganti dengan Suplemen?

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Telah menjadi pembahasan umum jika berjemur di bawah sinar matahari membantu tubuh untuk mendapatkan vitamin D. Namun, tidak hanya dengan cara tersebut vitamin D bisa diperoleh.

Asupan makanan juga tidak kalah pentingnya untuk mendapatkan asupan vitamin D yang penting untuk tubuh. Sebelum lebih jauh membahas tentang sinar matahari. Terlebih dahulu dipaparkan manfaat vitamin D.

  1. Membuat Kuat Tulang
    Fungsi vitamin D yang paling umum diketahui adalah membantu memperkuat tulang. Usus meemrlukan vitamin D untuk menyerap kalsium. Ini juga diperlukan untuk membantu pertumbuhan tulang, mencegah kerapuhan tulang dan cegah pengeroposan tulang.
  2. Menguatkan Otot
    Tidak hanya berguna untuk tulang, Vitamin D juga berguna untuk menguatkan otot. Seseorang yang kekurangan vitamin ini akan menjadikan otot lemah. Jika otot lemah, resiko cedera menjadi elbih besar hingga cacat. Vitamin D ini sangat penting utamanya bagi para lansia.
  3. Daya Tahan Tubuh
    Seperti vitamin lainnya, Vitamin D juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Ini akan membantu imun melawan infeksi virus dan bakteri. Menurut penelitian, Vitamin D dapat membantu memerangi infeksi virus Influenza hingga corona.
  4. Kesehatan Mulut
    Kalsium yang dibantu penyerapanny dengan vitamin D, memiliki peran dalam membantu menjaga kesehatan mulut. Resiko gangguan kesehatan gigi dan gusi dengan membantu metabolisme tulang. Ada juga fungsi sebagai agen antiperadangan dan merangsang produksi senyawa antimikroba.
  5. Membantu Atasi Hipertensi
    Manfaat lainnya adalah mampu membantu mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Beberapa penelitian mengatakan jika seseorang kekurangan vitamin D ini dalam jangka pendek, bisa meningkatkan tekanan darah.

Nah, itu beberapa manfaat vitamin D bagi tubuh, sebenarnya masih banyak lagi manfaat penting dari vitamin D seperti mencegah berbagai penyakit serius seperti diabetes, kaknker hingga manfaat bagi ibu hamil.

Ada hal menarik dari postingan yang dibagikan oleh dr. Andi Khomeini Takdir. Dalam postingannya dia menyebut apakah seseorang yang kekurangan vitamin D dapat menggantinya dengan suplemen?

"Ada beberapa yang bilang kalau lagi kurang sinar matahari, itu bisa digantikan suplemen vitamin D," tulisnya di laman Twitter.

Menurutnya itu merupakan konsep yang salah. Dia menjelaskan jika memang makanan dan suplemen yang mengandung vitamin D penting untuk tubuh dan sangat dibutuhkan.

Tetapi sinar matahari memiliki oeran dalam membantu mengubah vitamin D ke dalam bentuk aktifnya. Sehingga dapat diproses dalam tubuh.

"Konsepnya gak gitu. Makanan & suplemen yang mengandung vitamin D itu benar dibutuhkan. Kemudian sinar mataharilah yang bantu mengubah vitamin D ke bentuk aktifnya di dalam badan," tutupnya. (Elva/Fajar).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan