Kunjungi Seniman Iman Sole, Anies: Menyelami Gagasan yang Kaya Nuansa Keindahan dan Keberpihakan pada Si Lemah

  • Bagikan
Anies kunjungi Seniman Iman Sole

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Bakal capres dari partai NasDem Anies Baswedan membagikan momen ketika berkunjung ke rumah seniman Iman Sole di Bandung.

Iman Soleh merupakan seniman teater pendiri Celah Celah Langit (CCL).

Menurutnya, iman Soleh adalah inspirasi, tidak saja menguasai aspek teknis seni, tapi menjaga dan mengembangkan sebuah ekosistem tumbuhnya seni.

“Mengunjungi Kang Iman dan keluarga adalah seperti menyelami lautan gagasan yang kaya dengan nuansa keindahan dan nuansa keberpihakan pada si lemah,” ucapnya dalam unggahannya, Minggu, (1/1/2023).

Dia mengenang perkenalannya dengan Iman Sole melalui Taufiq Ismail sekitar tahun 2007-2008

“Beliau (Taufik Ismail, red) bilang, dia adalah pembaca puisi terbaik. Dan memang, saat Kang Iman baca puisi benar-benar memesona!,” ungkapnya.

Dia menyebut keluarga Kang Iman adalah keluarga seniman yang kesehariannya menyatu dengan masyarakat sekitar.

Lebih lanjut kata dia, Seniman Sawung Jabo dulu memberi nama Celah-celah Langit, karena tempat ini memang berada di tengah-tengah kampung padat penduduk, sehingga warga sekitar hanya bisa melihat langit dari celah-celah atap rumah yang saling berimpit.

Tapi kemudian, CCL kerap dipelesetkan jadi Central Culture Ledeng, sebuah pusat kebudayaan yang berlokasi di wilayah Ledeng, Bandung.

CCL menjadi wadah atau kantong kebudayaan bagi masyarakat sekitar untuk berkesenian dan berekspresi secara bebas.

Saat bertugas di Kemendikbud kata Anies, dia membuat program Belajar Bersama Maestro dan salah satu Maestro yang dititipi pelajar SMA/SMK utk nyantrik (belajar dan tinggal) adalah Kang Iman dan CCL-nya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan