Kegagahan Benteng Tolukko Berlatar Gunung Gamalama, Saksi Bisu Perlawanan Rakyat Ternate

  • Bagikan
Benteng Tolukko, Ternate merupakan benteng pertama yang dibangun pada awal kedatangan bangsa Portugis (foto: Pram/fajar)

FAJAR.CO.ID, TERNATE -- Meskipun memiliki wilayah tidak terlalu luas, ternyata Pulau Ternate menyimpan kisah sejarah yang begitu panjang.

Pulau yang berada di Maluku Utara ini menjadi salah satu saksi bisu lahirnya peradaban baru di Nusantara. Selain keindahan alamnya, Pulau Ternate juga memiliki bangunan bersejarah.

Benteng-benteng ini bukan sekadar konstruksi beton, melainkan bangunan bersejarah peninggalan zaman penjajahan.

Bahkan, ada benteng yang telah berdiri hingga ratusan tahun, simbol saksi bisu perjuangan rakyat Maluku dalam mengusir penjajah.

Benteng Tolukko (foto: pram/fajar)

Belum lama ini, Redaksi fajar.co.id berkesempatan memijakkan kaki di bumi rempah tersebut. Matahari begitu terik tetapi angin di Pulau Ternate bertiup dengan lembutnya membawa lantunan cerita-cerita sejarah di tempat ini.

Seketika pikiran melayang membayangkan ratusan kisah yang pernah terjadi di Ternate. Begitu banyak cerita perjalanan Ternate sejak zaman prasejarah, kolonial, hingga masa modern seperti sekarang ini.

Jutaan pengorbanan telah terjadi sejalan dengan jutaan kemajuan yang terjadi di Pulau Ternate dengan segudang pesonanya.

Salah satu benteng yang masih kokoh hingga saat ini adalah Fort Tolukko atau Benteng Tolukko.

Benteng Tolukko merupakan benteng pertama yang dibangun pada awal kedatangan bangsa Portugis. Benteng yang berdiri di atas ketinggian 10 mdpl ini dibangun pada tahun 1500-an atas perintah Panglima Portugis, Francisco Serrao.

Walaupun sudah tidak berfungsi seperti tujuannya didirikan, namun lewat bangunan-bangunan ini dapat dipahami betapa luar biasanya kisah perjalanan masyarakat Ternate dari masa ke masa.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan