Mbak Sipon, Istri Wiji Thukul Meninggal Dunia

  • Bagikan
Mbak Sipon dan Wiji Thukul

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Mbak Sipon, istri aktivis 98 Wiji Thukul, meninggal dunia, di Rumah Sakit Hermina Surakarta, pukul 13.01 WIB, Kamis, 05 Januari 2023.

Jenazah wanita bernama lengkap Siti Dyah Sujirahistri, tiba di rumah duka di Kalangan RT 01/RW 14, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Kamis (5/1/2023) sekitar pukul 16.23 WIB.

Perjalanan suami istri ini pernah difilmkan dengan judul Istirahatlah kata-kata pada 2016.

Dilansir dari wikipedia, Istirahatlah kata-kata adalah sebuah film drama biografi Indonesia tahun 2016 yang ditulis, disutradarai, dan diproduksi oleh Yosep Anggi Noen tentang aktivis dan penyair yang hilang, Widji Thukul.

Film ini menceritakan kisah dramatis Wiji Thukul, penyair yang karyanya dikenal kritis terhadap rezim Soeharto di Indonesia.

Ketika terjadi kerusuhan di Jakarta pada Juli 1996, Thukul tetap teguh dalam mengkritisi meski ada ancaman. Dia dikambinghitamkan oleh pemerintah sebagai provokator dan melarikan diri ke Pontianak dan tinggal di pengasingan selama 8 bulan.

Ungkapan duka pun mengalir di jagad Twitter. Warganet pun berduka cita atas meninggalnya istri penyair legendaris Wiji Thukul tersebut.

"Baru sekali ketemu Mbak Sipon di Solo tahun lalu. Tapi dari singkatnya pertemuan itu, banyak banget cerita yg didapat. Semangatnya tergambar, inspirasinya menular. Sedih banget atas kabar lelayu ini. Dengan berbagai doa baik untuk beliau & keluarga, Selamat Jalan, Mbak Siponūü•Ä," cuit @jolayjali.

"Duka mendalam atas berpulangnya Siti Dyah Sujirah (Mbak Sipon), istri Wiji Thukul--aktivis dan penyair korban penghilangan paksa. Sejak Wiji Thukul dinyatakan menghilang pd 1998 silam, Sipon terus mencari keadilan dan menuntut pemerintah u/ mengembalikan jasad suaminya," tulis akun Twitter Aliansi Jurnalis Independen (AJI). (eds)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan