Temuan Koalisi OMS Kawal Pemilu 2024, Tiga Partai Ini Disebut Tak Lolos Verifikasi Faktual di Sulsel

  • Bagikan
Ilustrasi Parpol

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Sulsel (OMS Kawal Pemilu 2024) sebagai Pelapor dugaan pelanggaran administratif yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan telah memasukkan Kesimpulan Pelapor ke Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan pada Senin, (2/1/2023) lalu.

Aflina Mustafainah dari Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu 2024 Sulsel menyampaikan, kesimpulan pelapor ini merupakan rangkaian proses pelaporan dugaan pelanggaran administratif yang dilakukan KKPU Provinsi Sulawesi Selatan pada penyelenggaraan Pleno Terbuka Hasil Rekapitulasi Verifikasi Faktual Partai Politik pada tanggal 10 Desember 2022 di Hotel Mercure Makassar.

OMS Kawal Pemilu 2024 telah melakukan pemantauan terhadap proses verifikasi faktual parpol yang dilakukan oleh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Sulsel.

“Dari pantauan tersebut pelapor menemukan beberapa data yang keliru dan tidak bersesuaian dengan status TMS dan MS partai politik,” ucapnya dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Jumat, (6/1/2023).

Temuan inilah yang menjadi dasar pelaporan dan telah diterima oleh Bawaslu Sulsel dengan Laporan No: 01/LP/Prov/27.00/XII/2022 serta telah melaksanakan sidang pemeriksaan pada tanggal 23 Desember 2022, sidang pemeriksaan saksi pada tanggal 27 dan 28 Desember 2022 dan sidang terakhir yaitu pembacaan kesimpulan Majelis Sidang direncanakan hari ini, Jumat, 6 Januari 2023.

Laporan yang dilayangkan OMS Kawal Pemilu 2024 ini bermula dari diskusi dalam sebuah acara Pembekalan Panwascam se kota Makassar.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan