FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Persaingan digitalisasi perbankan pada 2023 makin seru. Bank-bank besar berlomba menghadirkan aplikasi super.
Tahun ini PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk akan meluncurkan New BTN Mobile. Aplikasi super ini akan menjadi gabungan dari seluruh channel layanan digital BTN.
Bank spesialisasi pembiayaan properti itu mengikuti kesuksesan Bank Mandiri yang terlebih dahulu meluncurkan Super Apps Livin by Mandiri. Platform digital ini berkontribusi besar pada kinerja perseroan pada 2022 lalu.
Sementara Nilai transaksi Livin' by Mandiri pada Kuartal III 2022 tembus Rp630 triliun. Jumlah transaksi tersebut tumbuh sekitar 50 persen secara tahunan (yoy). Selain itu, jumlah transaksi juga meningkat hingga 500 juta.
Regional Office Head PT Bank Tabungan Negara (BTN) Kanwil V Harman Soesanto, membeberkan peluncuran aplikasi super itu pada momen ulang tahun BTN pada Februari nanti. Tujuannya untuk peningkatan layanan lebih besar.
"Makanya kita membuat lebih banyak benefit dan fitur," beber Harman saat ditemui di Kanwil V BTN Jl Sultan Hasanuddin Makassar, Jumat, 6 Januari.
Harman mengemukakan, transformasi digital juga telah ia lakukan sebelumnya. Yaitu dengan memisahkan antara proses kredit dan sales. Sebagai salah satu bank yang menangungi Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kemudahan terus diberikan.
Salah satunya digitalisasi dimanfaatkan dalam proses kredit melalui Regional Loan Processing Center (RLPC), yaitu sistem BTN yang menganalisa permohonan KPR usernya. Setiap cabang akan mengirim data user melalui RLPC.